Sunday 10 January 2016

MODEL PEMBELAJARAN SNOWBALL THROWING

 
http://pendidikanuntukindonesiaku2.blogspot.com/2016/01/model-pembelajaran-snowball-throwing.html
MODEL PEMBELAJARAN SNOWBALL THROWING
 
Snowball Throwing berasal dari dua kata yaitu “snowball” dan “throwing”. Kata snowball berarti bola salju, sedangkan throwing berarti melempar, jadi snowball throwing adalah melempar bola salju.
Pembelajaran Snowball Throwing merupakan salah satu model dari pembelajaran kooperatif.Pembelajaran Snowball Throwing merupakan model pembelajaran yang membagi muriddi dalam beberapa kelompok, yang dimana masing-masing anggota kelompok membuat bola pertanyaan.
 
Menurut Suprijono (Hizbullah,2011: 8) ,
Snowball Throwing adalah suatu cara penyajian bahan pelajaran dimana murid dibentuk dalam beberapa kelompok yang heterogen kemudian masing-masing kelompok dipilih ketua kelompoknya untuk mendapat tugas dari guru lalu masing-masing murid membuat pertanyaan yang dibentuk seperti bola (kertas pertanyaan) kemudian dilempar ke murid lain yang masing-masing murid menjawab pertanyaan dari bola yang diperoleh.

Sedangkan menurut Kisworo (Hardiyanti: 2012) model pembelajaran Snowball Throwing adalah suatu metode pembelajaran yang diawali dengan pembentukan kelompok yang diwakili ketua kelompok untuk mendapat tugas dari guru kemudian masing-masing murid membuat pertanyaan yang dibentuk seperti bola (kertas pertanyaan) lalu dilempar ke murid lain yang masing-masing murid menjawab pertanyaan dari bola yang diperoleh.
Dari uraian di atas dapat disimpulkan bahwa pembelajaran Snowball Throwing adalah suatu model pembelajaran yang membagi murid dalam beberapa kelompok, yang nantinya masing-masing anggota kelompok membuat sebuah pertanyaan pada selembar kertas dan membentuknya seperti bola, kemudian bola tersebut dilempar ke murid yang lain selama durasi waktu yang ditentukan, yang selanjutnya masing-masing murid menjawab pertanyaan dari bola yang diperolehnya.
 
B. Tujuan Pembelajaran Model Snowball Throwing
Menurut Asrori (2010), tujuan pembelajaran Snowball Throwing yaitu melatih murid untuk mendengarkan pendapat orang lain, melatih kreatifitas dan imajinasi murid dalam membuat pertanyaan, serta memacu murid untuk bekerjasama, saling membantu, serta aktif dalam pembelajaran.
Sedangkan menurut Devi (2011) model pembelajaran Snowball Throwing melatih murid untuk lebih tanggap menerima pesan dari orang lain, dan menyampaikan pesan tersebut kepada temannya dalam satu kelompok. Lemparan pertanyaan tidak menggunakan tongkat seperti model pembelajaran Talking Stik akan tetapi menggunakan kertas berisi pertanyaan yang diremas menjadi sebuah bola kertas lalu dilempar-lemparkan kepada murid lain. Murid yang mendapat bola kertas lalu membuka dan menjawab pertanyaannya.
Terdapat beberapa manfaat yang dapat diperoleh dam model pembelajaran  Snowball Throwing diantaranya ada unsur permainan yang menyebabkan metode ini lebih menarik perhatian murid. Sementara menurut Asrori (2010: 3) dalam model pembelajaran Snowball Throwing terdapat beberapa manfaat  yaitu:
1) Dapat meningkatkan keaktifan belajar murid. 2) Dapat menumbuh kembangkan potensi intelektual sosial, dan emosional yang ada di dalam diri murid. 3) Dapat melatih murid mengemukakakn gagasan dan perasaan secara cerdas dan kreatif.
 
Adanya model Snowball Throwing yang dilaksanakan dalam bimbingan kelompok dapat meningkatkan kepercayaan diri muriddalam menyampaikan pendapat. Karena metode Snowball Trowing adalah teknik diskusi yang membentuk kelompok yang diwakili ketua kelompok untuk mendapat tugas dari guru, kemudian masing-masing muridmembuat pertanyaan yang dibentuk seperti bola (kertas pertanyaan) lalu dilempar ke muridlain yang masing-masing muridmenjawab pertanyaan dari bola yang diperoleh. Dengan demikian semua muridmendapat kesempatan untuk bertanya dan menyampaikan pendapat sesuai dengan pertanyaan yang mereka dapat.
Model Snowball Throwing memiliki kelebihan dan kelemahan. Kelebihan yang ditemukan dalam pelaksanaan pembelajaran model Snowball Throwing menurut Suprijono ( Hizbullah, 2011: 9 ) diantaranya: “(1) Melatih kedisiplinan murid; dan (2) Saling memberi pengetahuan”. Sedangkan menurut Safitri (2011: 19) kelebihan  model Snowball Throwingantara lain :
  1. Melatih kesiapan murid dalam merumuskan pertanyaan dengan bersumber pada materi yang diajarkan serta saling memberikan pengetahuan.
  2. Murid lebih memahami dan mengerti secara mendalam tentang materi pelajaran yang dipelajari. Hal ini disebabkan karena murid mendapat penjelasan dari teman sebaya yang secara khusus disiapkan oleh guru serta mengerahkan penglihatan, pendengaran, menulis dan berbicara mengenai materi yang didiskusikan dalam kelompok.
  3. Dapat membangkitkan keberanian murid dalam mengemukakan pertanyaan kepada teman lain maupun guru.
  4. Melatih murid menjawab pertanyaan yang diajukan oleh temannya dengan baik.
  5. Merangsang murid mengemukakan pertanyaan sesuai dengan topik yang sedang dibicarakan dalam pelajaran tersebut.
  6. Dapat mengurangi rasa takut murid dalam bertanya kepada temanmaupun guru.
  7. Murid akan lebih mengerti makna kerjasama dalam menemukan pemecahan suatu masalah.
  8. Murid akan memahami makna tanggung jawab.
  9. Murid akan lebih bisa menerima keragaman atau heterogenitas suku, sosial,budaya, bakat dan intelegensia.
  10. Murid akan terus termotivasi untuk meningkatkan kemampuannya
 
Selain itu, model ini juga memiliki kelemahan sebagaimana yang dirumuskan oleh Suprijono (Hizbullah, 2011: 9) diantaranya:   “(1) Pengetahuan tidak luas hanya terkuat pada pengetahuan sekitarmurid; dan (2) Kurang efektif digunakan untuk semua materi pelajaran”.
Langkah-langkah pembelajaran yang ditempuh dalam melaksanakan Model  Snowball Throwing sebagaimana dikemukakan Suprijono (Hizbullah, 2011: 10) adalah sebagai berikut:
  1. Guru menyampaikan materi yang akan disajikan.
  2. Guru membentuk kelompok-kelompok dan memanggil masing-masing ketua kelompok untuk memberikan penjelasan tentang materi pembelajaran.
  3. Masing-masing ketua kelompok kembali ke kelompoknya masing-masing, kemudian menjelaskan materi yang disampaikan oleh guru kepada teman kelompoknya.
  4. Kemudian masing-masing murid diberi satu lembar kerja untuk menuliskan pertanyaan apa saja yang menyangkut materi yang sudah dijelaskan oleh ketua kelompok.
  5. Kemudian kertas tersebut dibuat seperti bola dan dilempar dari satu murid ke murid yang lain selama kurang lebih 5 menit.
  6. Setelah tiap murid mendapat satu bola/satu pertanyaan, diberikan kesempatan kepada murid untuk menjawab pertanyaan yang tertulis dalam kertas berbentuk bola tersebut secara bergantian.
  7. Guru bersama dengan murid memberikan kesimpulan atas meteri pembelajaran yang diberikan.
  8. Guru memberikan evaluasi sebagai bahan penilaian pemahaman muridakan materi pembelajaran.
  9. Guru menutup pembelajaran dengan memberikan pesan-pesan moral dan tugas di rumah.

DAFTAR PUSTAKA
 
  • Asrori, Mohib. 2010. Penggunaan Model Pembelajaran Snowball Throwing dalam Meningkatkan Keaktifan Belajar pada Anak, (online); http://gurutrenggalek.blogspot.com/2010/09/penggunaan-model-belajar-snowball.html.(diakses 29  Juli 2012)
  • Devi. 2011.  ????
  • Hardiyanti. 2012. Model Pembelajaran Snowball Throwing.(online); http://dataserverku.blogspot.com/2012/02/model-pembelajaran-snowball-throwing.html(diakses 5 Maret 2012)
  • Hizbullah, 2011. Penerapan Model PembelajaranSnowball Throwing Dalam Meningkatkan Hasil Belajar IPA di Kelas V SD Negeri 08 Lumaring Kecamatan Larompong Kabupaten Luwu.Skripsi. Makassar: Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Makassar.
  • Safitri, T.Dian. 2011. Metode Pembelajaran Snowball Throwing untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika.(online); http://web.sdikotablitar.sch.id/index.php?option= (diakses 5 Maret 2012)
 

1 comments:

Unknown said...

Mantap thx rujukannya saya jadi bisa mengerjakann skripsi saya mohon doanya

Post a Comment

◄ Posting Baru Posting Lama ►
 

Find Us On Facebook